Tips Menjalankan Bisnis Online Shop di Tengah Persaingan Ketat


lukmanstream.com - Saat ini keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis online shop memang terlihat begitu menggiurkan. Karena hanya dengan modal yang minim dan tanpa membuka offline store, Anda bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang besar. Tapi tentu saja banyak orang yang terjun ke dalam dunia penjualan online ini. Nah, persiapan yang matang pun diperlukan untuk menjalankan usaha ini.

Cara Bisnis Online Shop bagi Pemula

Menjalankan bisnis online memang terlihat mudah-mudah sulit. Memang dari luar akan terlihat mudah karena cukup dikerjakan dari rumah dengan koneksi internet. Tapi sebenarnya, tanpa strategi yang tepat, Anda tidak akan bisa bersaing dengan kompetitor yang semakin banyak tiap harinya. Nah, bagaimana cara memulai bisnis online shop yang tepat?

1. Punya Mindset Bisnis

Menjadi pengusaha bukan hanya butuh modal uang. Tapi Anda juga perlu modal mindset yang benar. Mindset bisnis artinya Anda harus punya sudut pandang bagaimana usaha yang Anda jalani nantinya bisa berkembang dan menjadi jalan untuk perkembangan aset investasi Anda.

Perbaiki mindset Anda tentang bisnis. Jangan memulai bisnis dengan tujuan untuk mendapatkan uang agar Anda bisa membeli segala macam barang-barang mewah. Namun, mulailah bisnis agar Anda bisa berkembang, memiliki aset investasi yang banyak, dan bisa menghasilkan passive income.

2. Riset Pasar

Cara bisnis online shop untuk pemula berikutnya adalah melakukan riset pasar. Semua barang ada di online shop saat ini. Sudah ada jutaan orang yang berjualan online. Coba lihat saja pada market place besar di Indonesia. Pasti Anda bisa menemukan segala macam hal dijual dengan persaingan yang sangat ketat.

Nah, Anda yang ingin terjun dalam dunia online shop harus bisa melakukan riset pasar. Teliti barang apa saja yang banyak diperlukan oleh masyarakat. Baik barang konsumsi yang non-durable ataupun barang tahan lama. Setelah riset, Anda bisa memutuskan akan menjual jenis barang apa yang sepertinya mudah laku.

3. Tentukan Segmen Konsumen

Semua barang mulai dari yang murah hingga mahal dijual di online shop. Semua produk itu punya segmen pembelinya sendiri. Misalnya tas untuk kalangan menengah ke bawah atau tas mahal untuk kalangan ekonomi atas. Nah, Anda juga harus menentukan pilihan segmen konsumen yang akan dituju.

Barang dengan harga murah biasanya punya target konsumen yang lebih besar. Selain itu, barang-barang ini mudah laku dibandingkan barang branded mahal. Tapi barang-barang branded punya konsumen setia sendiri yang bisa saja melakukan order ulang jika mereka puas dengan kualitasnya.

4. Cari Supplier

Berjualan barang online pasti tidak lepas dari kebutuhan supplier. Semakin pintar Anda mencari supplier barang, maka Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan kualitas bagus. Keuntungannya, Anda bisa menjual barang dengan harga yang lebih terjangkau. Orang-orang biasa membandingkan harga barang yang sama lebih dulu sebelum membeli.

5. Utamakan Kualitas dan Pelayanan

Kualitas dan pelayanan yang bagus adalah salah satu cara membuat bisnis online shop bertahan di tengah banyaknya persaingan.  Bayangkan saja, jika Anda seorang pembeli, pasti Anda lebih memilih berbelanja online pada toko dengan pelayanan ramah, kualitas produk terjamin, dan pengiriman yang cepat.

Kecepatan Anda merespon pertanyaan, order, dan keluhan konsumen adalah kunci untuk bertahan. Jika pelayanan bagus, maka Anda bisa menarik pelanggan setia yang akan membeli lagi di toko online Anda lain waktu. Nah, jaminan pelayanan dan kualitas ini juga bisa membantu toko Anda mendapatkan review positif di website market place.

Membangun bisnis online shop memang tidak instan dan mudah. Anda harus punya strategi bisnis online shop yang tepat agar bisa menghadapi persaingan. Sekali saja Anda lalai, maka kepercayaan konsumen bisa berkurang dan toko online Anda bisa ditinggalkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel