Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan-Bahan Alami Rumahan


lukmanstream.com - Munculnya jerawat di wajah memang sangat menyebalkan. Apalagi jika jerawat tiba-tiba muncul menjelang saat-saat penting. Mungkin puluhan produk dengan klaim menyembuhkan jerawat sudah Anda coba, tapi hasilnya nol. Uang pun sudah banyak terkuras hanya untuk membeli produk yang salah. Kini, kenapa Anda tak coba cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami saja?

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Ternyata ada cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami yang mudah Anda temukan di rumah. Bahkan, bahan-bahan alami ini cenderung minim efek samping dan aman untuk kulit wajah Anda. Apa saja bahan natural penghilang jerawat ini?

1. Aloe Vera

Kandungan polifenol dalam lidah buaya atau aloe vera ternyata bisa jadi bahan yang ampuh untuk menyembuhkan jerawat. Caranya cukup mudah. Ambil bagian daging lidah buaya, hancurkan, kemudian jadikan masker wajah. Diamkan sekitar 20 menit kemudian bilas muka dengan air dingin. Gunakan masker aloe vera ini secara teratur.

2. Putih Telur

Tahukah Anda bahwa putih telur adalah salah satu bahan alami yang bisa mengatasi jerawat dan bekasnya? Putih telur mengandung enzim lysonzim yang bisa mengobati jerawat. Buatlah masker dari putih telur yang dicampur air perasan lemon. Oleskan di seluruh wajah dan diamkan hingga kering. Kemudian bilas wajah dengan air bersih.

3. Mentimun

Cara menghilangkan jerawat dengan alami berikutnya bisa memanfaatkan mentimun. Buah mentimun memiliki kandungan zat yang bersifat astringen/menyejukkan. Mentimun juga memiliki kandungan zat antioksidan, vitamin, dan asam amino yang baik untuk kulit. Anda bisa menggunakan masker mentimun untuk mengurangi peradangan pada jerawat. Mentimun juga bisa membantu menghilangkan noda jerawat di wajah.

4. Bawang Putih

Bawang putih ternyata bukan hanya bermanfaat untuk melezatkan masakan. Kandungan sulfur dalam bawang putih dipercaya bisa membantu menyembuhkan jerawat. Bagaimana caranya? Ambil 1 siung bawang putih, kupas, kemudian potong tipis-tipis. Tempelkan potongan bawang ini pada jerawat. Diamkan bawang putih sekitar 15 menit baru bilas wajah dengan air.

5. Lemon

Perawatan dengan lemon sudah lama dikenal sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat tanpa bekas. Lemon kaya akan kandungan vitamin C yang bisa membantu menyembuhkan jerawat dan juga memudarkan bekasnya dengan cepat. Anda bisa membuat masker dari air perasan lemon. Kemudian oleskan masker pada wajah dan diamkan sekitar 10-15 menit.

Gunakan masker lemon secara teratur 2 kali seminggu. Ingat, Anda harus menggunakan masker lemon pada malam hari agar kulit aman dari rasa terbakar. Tapi Anda juga harus hati-hati jika punya kulit yang sensitif. Karena bagi sebagian orang, lemon bisa menyebabkan iritasi, rasa perih, gatal, dan juga pengelupasan kulit.

6. Madu Murni

Madu kaya akan kandungan anti oksidan dan anti-inflamasi. Anda bisa mengoleskan madu murni pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan masker madu selama 30 menit dan bilas wajah hingga bersih.

7. Pepaya

Enzim papain dalam buah pepaya sudah dikenal luas bisa membantu mengatasi jerawat, mencerahkan wajah, mengangkat sel kulit mati, dan memudarkan noda hitam. Anda bisa membuat masker dari buah pepaya matang yang dihaluskan. Oleskan merata pada seluruh wajah. Diamkan masker sampai setengah kering, baru bilas dengan air dingin sampai bersih.

8. Tomat

Buah satu ini memiliki kandungan vitamin A dan C yang bagus untuk kulit. Anda bisa memanfaatkan tomat sebagai masker wajah. Anda cukup memotong buah tomat jadi 2 bagian dan usap-usap pada wajah. Diamkan wajah selama 15-20 menit. Kemudian cuci wajah dengan air dingin.

Ada banyak cara menghilangkan jerawat hanya dengan bahan-bahan alami yang murah meriah. Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya ini harus Anda lakukan rutin untuk dapat hasil yang memuaskan. Karena bahan alami tidak bisa menghasilkan perubahan yang sangat instan pada wajah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel