Cara Membuat Lumpia Basah dan Lumpia Kering

Cara Membuat Lumpia Basah dan Lumpia Kering - Lumpia merupakan makanan yang sangat lezat. Di Indonesia, lumpia ada dua macam yaitu lumpia basah dan lumpia kering. Asal muasal lumpia ini dari Tiongkok yang kemudian dibawa ke seluruh dunia. Cara untuk membuat lumpia pada umumnya sama saja tetapi yang membedakan adalah isinya. Tidak terlalu sulit untuk membuat lumpia dan dapat dilakukan sendiri di rumah sebagai hidangan sehat keluarga.

Resep Cara Membuat Lumpia Basah dan Lumpia Kering

Lumpia basah merupakan makanan khas kota Bandung. Sedangkan lumpia kering merupakan makanan khas dari Semarang. Semua jenis lumpia tersebut rasanya sangat lezat dan membuat ketagihan. Tetapi jika mengatakan lumpia maka yang terbayang adalah lumpia dari Semarang karena sudah menjadi ikon sebagai makanan khas. Untuk mendapatkan lumpia yang lezat kuncinya ada pada bahan dan cara membuat lumpia. Jika malas membuat kulit lumpia dapat membeli yang sudah tinggal pakai.

Jika membuat kulit lumpia sendiri maka rasanya akan lebih mantap. Bahannya hanya dari tepung terigu, air dan putih telur ayam. Agar rasanya gurih dicampur garam sedikit. Cara  sangat mudah. Tepung terigu dan air dengan perbandingan 1:1 dicampur dengan putih telur ayam dan sedikit garam. Uleni hingga tercampur rata. Dadar adonan kulit di atas teflon anti lengket tipis-tipis. Cara membuat lumpia adalah dengan mengisi kulitnya dengan isi. Sebenarnya, untuk isi dapat tergantung dari selera.

Resep membuat lumpia basah sederhana, isi dari lumpia basah dari Bandung yaitu sayuran seperti wortel, kentang, taoge dan ditambah dengan daging ayam. Bisa juga ditambah udang sesuai selera. Rasanya cukup gurih dengan aroma yang khas. Agar aromanya tambah sedap dicampur dengan daun bawang. Resep dan cara membuat lumpia yaitu tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum baru dimasukkan bahan sayuran dan daging maupun udang. Masak hingga airnya menyusut.

Cara membuat lumpia basah khas Bandung ini tidak perlu digoreng dan dapat langsung disajikan di atas piring. Ini menjadi cara membuat lumpia basah sederhana. Sajikan dengan saus kacang, saus kecap dan saus sambal. Sangat lezat jika dimakan dalam keadaan hangat. Apalagi saat musim penghujan untuk camilan bersama keluarga. Resep cara membuat lumpia basah di atas dapat dicoba untuk hidangan camilan. Cara membuat lumpia yang sangat mudah dan praktis.

Lumpia kering sangat khas dan berkaitan erat dengan Semarang. Isiannya juga khas yaitu rebung atau bambu muda, telur kocok, ayam dan udang. Rebung dipotong memanjang seperti korek api sebelum dimasak. Cara membuat lumpia kering adalah sebagai berikut Tumis bawang merah, bawang putih, merica dan sedikit kecap manis hingga beraroma harum. Masukkan rebung, kocokan telur ayam dan udang. Masak hingga air menyusut. Berikan garam dan gula dengan takaran yang pas.

Cara membuat lumpia yang enak, masukkan isi lumpia ke kulitnya dan gulung secara rapi. Goreng menggunakan minyak panas hingga berwarna kecoklatan. Sajikan lumpia kering khas Semarang ini menggunakan saos coklatnya yang gurih dan kental. Tambahkan acar timun dan cabe rawit yang akan menambah rasanya semakin menggigit. Lumpia kering ini sangat nikmat disajikan pada saat pagi dan sore hari. Apalagi saat musim penghujan tiba maka cara untuk membuat lumpia tersebut dapat dicoba.

Itulah cara membuat lumpia sederhana. Lumpia merupakan makanan yang bikin ketagihan. Rasanya yang sangat lezat dengan isiannya yang gurih sangat nikmat ketika dimakan bersama keluarga. Cara membuat lumpia yang basah atau kering seperti di atas dapat dicoba untuk menyajikan camilan sehat untuk keluarga dan anak-anak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel