Mudah dan Sederhana! Inilah Cara Belajar SEO Wordpress Buat Pemula

Lukmanstream.com - WordPress merupakan salah satu CMS yang cukup mudah untuk dioptimasi untuk berbagai keperluan SEO. Disini banyak tersedia berbagai macam Plugin SEO WordPress yang bisa Anda gunakan mulai dari versi gratis sampai berbayar.

Cara Belajar SEO Wordpress Buat Pemula

Selain itu WordPress ini juga memiliki keunggulan dan kemudahan dalam hal penggunaan, gratis, plugin lengkap dan tersedianya komunitas yang sangat besar. Jadi WordPress ini menjadi sebuah platform yang tepat untuk bisa belajar SEO buat pemula.

Berikut ada beberapa cara belajar SEO Wordpress pemula. Silahkan Anda simak pembahasannya dibawah ini:

Setting Permalink WordPress

Secara default untuk permalink bawaan WordPress ini memang belum SEO Friendly, masih terlalu panjang dan juga rumit. Supaya menghasilkan permalink yang bagus maka Anda harus merubahnya dengan struktur domainAnda.com/%postname%?. Untuk settingnya maka silahkan Anda menuju ke menu Settings lalu Permalink setelah itu Custom Structure dan tulis seperti yang tertera diatas.

Riset Keyword

Belajar SEO Wordpress selanjutnya yaitu riset keyword. Sebelum membuat konten Anda wajib melakukan riset keyword terlebih dahulu. Keyword ini menjadi salah satu kunci untuk bisa mendatangkan para pengunjung menuju website. Pilihlah keyword dengan persaingan rendah dan juga banyak dicari oleh para pengunjung. Untuk bisa melakukan riset keyword secara detail, maka Anda harus menggunakan tools SEO.

Artikel SEO

Artikel yang disukai oleh Google adalah artikel yang memiliki pembahasan secara lengkap  dengan menggunakan heading H1 untuk judul, H2 untuk heading dan H3 untuk sub heading. Dalam peletakan keyword terutama untuk keyword turunan supaya dimasukan dalam artikel agar lebih memperkuat On Page SEO.

Optimasi SEO Image

Caranya Anda bisa untuk memaksimalkan Alternate Image atau Alt Image pada gambar yang dimasukkan dalam artikel. Tulislah Alt image tersebut dengan menggunakan keyword yang relevan dengan memasukkan judul artikel. Selain itu pada nama file maka ubahlah dengan kata yang telah mengandung keyword pencarian.

Setting Backlink

Cara belajar SEO Wordpress selanjutnya yaitu setting backlink. Backlink pada SEO WordPress itu menjadi salah satu hal yang sangat penting. Untuk On Page maka Anda bisa melakukan internal linking dengan menggunakan artikel lain yang relevan. Jangan lupa juga untuk bisa memberikan link ke home page website Anda supaya lebih kuat. Backlink yang terakhir yaitu dari website ataupun blog lain dengan cara menanamkan link website yang Anda punya lebih dikenal oleh Google.
Baca Juga:



Setting Yoast SEO

Belajar SEO Wordpress lainnya yaitu setting Yoast SEO. Ada beberapa bagian optimasi Yoast SEO yang perlu untuk Anda perhatikan seperti berikut :

  • Focus keyphrase yaitu berisi keyword utama hasil dari sebuah riset yang sedang Anda bidik.
  • Slug yaitu berisi sebuah keyword yang ada di postname permalink.
  • Meta description yaitu penjelasan singkat yang isinya tentang berupa gambaran keseluruhan isi dari sebuah konten.

Memasukkan Tag

Tag ini berisi berupa keyword turunan dan keyword yang masih relevan dari judul utama sebuah konten. Tag ini fungsinya untuk bisa memberi tahu isi konten dari sebuah website, maka isinya juga harus disesuaikan dengan judul konten utama tersebut.

Share ke Media Sosial

Langkah yang terakhir yaitu dengan melakukan share ke social media. Social media sekarang ini telah menjadi salah satu penyumbang traffic yang patut untuk Anda pertimbangkan. Disini Anda bisa untuk melakukannya dengan share ke beberapa social media yang ada.

Saat ini SEO telah menjadi salah satu teknik yang sangat penting dalam hal strategi digital marketing. Maka sebagai pengguna WordPress terutama untuk seorang pemula supaya lebih bisa mendalami teknik dan belajar SEO Wordpress. Jangan lupa juga untuk selalu bisa memantau perkembangan SEO karena hal ini sering ada update terutama dari pihak Google.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel