Panduan Belajar Blog yang Mudah untuk Pemula


lukmanstream.com - Anda punya ide-ide atau pengetahuan yang ingin disampaikan kepada banyak orang? Atau, Anda punya hobi menulis? Kini hobi Anda ini bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah jika Anda menuliskannya dalam blog website. Tapi bagaimana cara membuat blog? Tenang saja, Anda tetap bisa belajar blog dengan mudah hanya dari rumah.

Tips Cara Membuat Blog bagi Pemula 

Bagi Anda yang suka berselancar di internet, pasti sudah sering sekali menemukan blog yang membahas sebuah topik. Tapi ada banyak juga blog yang tenggelam dan tak muncul di halaman pertama search engine. Apalagi bagi orang-orang yang baru belajar blogging tanpa tips dan bimbingan yang tepat. Atau dengan kata lain hanya asal-asalan saja.

Kunci kesukesan menjadi blogger adalah mengerti cara membuat blog yang benar, tepat, dan disukai banyak orang. Nah, jika Anda tertarik membuatnya, Anda bisa mengikuti panduan 4 langkah sederhana ini.

1. Tentukan Topik

Sekitar 70% dari blog yang ada di seluruh dunia hanya dikunjungi oleh sedikit orang saja perharinya. Mengapa? Alasan utamanya adalah karena topik blog tidak jelas, tidak menarik, ataupun topik yang tidak dikuasai sepenuhnya oleh penulisnya.

Para pengguna internet pasti lebih memilih membuka website atau blog dengan konten yang berkualitas, dibandingkan dengan blog yang cuma asal tulis saja. Karena itulah, sebelum membuat blog, tentukan topik yang akan Anda tulis. Carilah topik yang familiar, banyak dicari orang, dan Anda sendiri menguasainya.

2. Pilih Platform Blog

Ada 3 pilihan platform yang bisa Anda pilih untuk membuat blog. Bagi Anda yang baru belajar blogging, Anda bisa menggunakan 1 diantara 3 platform populer berikut ini:

  • Blogspot dari Google (hosted)
  • WordPress.com (hosted)
  • WordPress.org (self-hosted)

Apa perbedaan hosted dan self-hosted? Hosted artinya blog Anda menumpang di website pemilik platform tersebut. Dengan kata lain, Anda tidak punya website yang 100% milik Anda sendiri. Contohnya alamat blogAnda.blogspot.com. Nah, self-hosted adalah kebalikannya. Anda bisa memiliki website penuh, tapi harus membayar domain dan hostingnya.

3. Pilih Penyedia Layanan Hosting dan Juga Domain

Dimain adalah nama atau alamat website Anda. Sedangkan hosting adalah tempat file blog Anda nantinya akan disimpan, layaknya sebuah harddisk dalam komputer. Nah, karena Anda masih belajar blogger pemula, maka tak perlu memahami detail pengerian hosting dan domain yang tentu akan tambah memusingkan.
Baca Juga:



Yang perlu Anda pahami, Anda harus menyewa domain dan hosting dengan sistem bulanan atau tahunan. Ada beberapa layanan hosting dan juga domain internasional yang sangat direkomendasikan untuk pemula seperti:

  • Domain NameCheap.
  • BlueHost dan HostGator (hosting internasional).
  • Niagahoster (hosting Indonesia dengan fasilitas gratis domain).

4. Beri Nama Domain

Memberi nama domain dengan baik adalah salah satu cara membuat blog yang harus dipikirkan matang-matang. Meskipun terkesan remeh, tapi nama domain akan menentukan trafik kunjungan dan mudah tidaknya pengguna internet menemukan blog Anda.

Bagaimana cara menentukan nama domain yang bagus?

  • Sesuaikan dengan topik blog yang akan ditulis.
  • Hindari menggunakan nama yang mirip dengan situs populer.
  • Mudah diucapkan, diingat, ditulis, dan simpel.
  • Gunakan .com.
  • Hindari penggunaan tanda “-“ dan angka.
  • Jangan menggunakan hak cipta/merk milik pihak lain.
  • Cek ketersediaan username di platform media sosial. 

Jika Anda sudah menguasai tips belajar blog di atas, Anda sudah punya bekal membuat situs yang berkualitas. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah cara membuat blog yang mudah dan cepat. Cara ini bisa dengan mudah Anda jumpai di internet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel