Bisnis Online Menjanjikan Berjuta Keuntungan, Bagaimana Cara Memulainya?

lukmanstream.com - Perubahan dunia menuju era digital yang sangat cepat ternyata membawa berbagai dampak dalam kehidupan masyarakat. Contohnya adalah kebiasaan berbelanja dan memesan segala layanan via online. Jika Anda jeli melihat peluang, Anda bisa mulai menjalankan bisnis online. Daripada Anda hanya jadi konsumen yang menghabiskan waktu berbelanja online, cobalah untuk mulai bisnis ini.


Contoh Bisnis Online Kekinian

Sebenarnya terjun dalam dunia usaha online bukan hanya sebatas menjadi pedagang. Ada banyak bidang lain selain berjualan barang yang juga bisa dijajakan via internet. Anda tidak percaya? Setidaknya beberapa ide usaha online ini bisa Anda jadikan inspirasi menyusun rencana bisnis:

  • Berjualan barang online.
  • Menjadi reseller atau dropshipper hanya dengan modal kecil.
  • Menawarkan jasa desain logo atau photoart.
  • Menawarkan jasa desain hunian atau desain interior.
  • Menjadi translator online.
  • Menjadi penulis artikel online.
  • Jasa titip barang (jastip) yang bertugas membelikan barang pesanan kostumer ke toko/mall.
  • Membangun start-up aplikasi game online bagi Anda yang punya kemampuan programming.
  • Menciptakan aplikasi smartphone yang berguna dalam kehidupan sehari-hari dan dipasarkan lewat Google Play atau PlayStore. 

Tips Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Meskipun usaha online terkesan lebih mudah dan tak perlu banyak modal, tapi Anda tak bisa gegabah. Anda tetap harus melakukan perencanaan yang matang dan yakin dalam memulainya. Bagaimana cara bisnis online mulai dari nol? Simak saja beberapa tips berikut ini.

1. Dapatkan Inspirasi dari Lingkungan

Masih tak punya ide untuk menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan? Lihatlah peluang dan inspirasi dari lingkungan sekitar Anda. Telitilah apa saja barang atau jasa yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekeliling Anda. Jangan ragu untuk bertanya kepada mereka tentang kriteria barang/jasa yang bagus versi mereka.

Nah, setelah itu mulailah melakukan riset dimana Anda bisa membeli barang tersebut dengan harga murah. Tapi ingat, kualitas barang yang akan dijual juga harus diperhatikan. Anda harus memilih barang/jasa yang benar-benar dibutuhkan oleh banyak orang. Jangan hanya memilih barang hanya karena Anda suka saja.

2. Tentukan Barang/Jasa yang Akan Dijual

Setelah selesai melakukan riset kecil, kini saatnya Anda menentukan pilihan barang/jasa yang akan dipasarkan lewat internet. Fokuslah hanya pada 1 jenis barang/jasa lebih dulu. Dan pastikan barang/jasa tersebut benar-benar akan laku dan dibutuhkan berbagai kalangan.

3. Teliti Kompetitor

Setelah Anda menentukan barang/jasa apa yang akan dijual online. Anda perlu melakukan riset kompetitor. Apakah ada banyak kompetitor lain yang menjual produk/jasa serupa? Ingat bahwa peluang bisnis online pemasarannya bisa sampai se-Indonesia. Berarti kompetitor Anda juga mencakup wilayah yang luas, bukan hanya terbatas 1 daerah.

Teliti bagaimana strategi kompetitor Anda menjalankan bisnisnya. Periksa apa saja kelemahan yang mungkin ditemukan. Jadikan kelemahan ini sebagai peluang Anda masuk ke usaha online tersebut.

4. Buat Strategi Pemasaran

Di antara banyaknya pesaing usaha online, Anda perlu memperhatikan strategi pemasaran yang tepat. Promosi/iklan via media sosial bisa Anda lakukan secara gratis hingga berbayar. Sesuaikan langkah promosi ini dengan kemampuan modal Anda. Karena promosi berbayar via media sosial ataupun Google Adsense biasanya tidaklah murah.

Anda bisa juga menerapkan strategi pemasaran via give-away atau undian berhadiah. Cara ini efektif ampuh menaikkan followers akun media sosial bisnis Anda. Hadiah yang ditawarkan tidak perlu yang mahal, cukup 1 jenis produk, diskon khusus, ataupun voucher yang bisa ditukarkan ke toko Anda.

Bisnis online memang terlihat cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Hal ini juga yang membuat banyak kompetitor dalam dunia bisnis ini. Karena itulah, Anda tetap harus mempelajari tips memulai bisnis online agar usaha Anda bisa berjalan dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel