Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Selama Musim Hujan


lukmanstream.com - Setiap orang tua pasti menginginkan anak Anda terus merasa sehat selama musim hujan. Pada musim hujan biasanya anak lebih mudah terjangkit virus akibat daya tahan tubuhnya yang sensitif. Rata-rata mereka menderita penyakit seperti flu, diare, demam berdarah hingga penyakit kulit. Para orang tua tentunya akan lebih meningkatkan kewaspadaan dengan datangnya musim penghujan. Apalagi jika anak senang bermain di luar atau bahkan main air hujan.

Agar terhindar dari penyakit yang bisa hinggap di tubuh anak, para orang tua perlu sekali melakukan perlindungan secara ekstra. Jika kondisi anak sehat, tentu dirinya akan menjalani rutinitas keseharian dengan semangat dan produktif. Jika Anda ingin melindungi kesehatan anak selama musim hujan, berikut beberapa rangkuman cara menjaga kesehatan tubuh anak.

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Setiap tubuh yang sehat berawal dari gaya hidup yang sehat. Tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak juga perlu menerapkan gaya hidup sehat. Hal tersebut menjadi suatu keharusan terlebih di musim hujan seperti ini. Karena anak adalah peniru paling pandai, maka untuk penerapan gaya sehat tersebut bisa dicontohkan langsung oleh orang tuanya. Misalnya dengan rutin berolahraga.

Jika anak bisa meniru orang tuanya untuk berolahraga secara rutin, maka tubuhnya akan tetap bugar dan tidak mudah terlihat lesu. Selain itu anak juga bisa merasakan rasa bahagia setelah berolahraga terlebih saat aktivitas ini dilakukan secara rutin. Olahraga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh anak yang cukup efektif. Karena pada saat anak berolahraga, maka tubuhnya akan terstimulasi zat tertentu pada bagian otaknya sehingga membuat otaknya merasa lebih bahagia dan santai.

Lengkapi juga dengan tidur cukup saat malam hari untuk membantu kekebalan tubuh anak. Pada saat tidur, tubuh akan mengeluarkan senyawa sitokin yang termasuk dalam bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Apabila senyawa sitokin tidak dimiliki secara cukup, maka tubuh anak akan rentan terhadap segala virus penyakit. Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh anak pada saat musim hujan ialah usahakan agar anak selalu memiliki durasi tidur yang cukup setiap harinya.

Menjaga Kebersihan di Sekitar Rumah

Penyakit yang cukup banyak terjadi saat musim hujan salah satunya ialah demam berdarah. Seperti yang kita ketahui, demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang di bawa oleh nyamuk. Lebih mengerikannya lagi, penyakit ini cukup mematikan. Sebagai orang tua Anda perlu menerapkan berbagai cara menjaga kesehatan tubuh anak, salah satunya dengan mewaspadai nyamuk demam berdarah yang lebih aktif di malam hari.

Pertama, Anda harus mengetahui dimana nyamuk bisa bersarang dan apa penyebabnya. Nyamuk demam berdarah biasanya bersarang di tempat yang kotor dan basah. Contohnya pada genangan-genangan air pada wadah atau tempat kosong. Awalnya nyamuk akan bertelur pada air tersebut, kemudian telur tersebut perlahan tumbuh dan berkembang biak. Cara menjaga kesehatan tubuh anak harus di mulai dan dilakukan dengan teliti. Pastikan setelah hujan berhenti tidak ada genangan air pada ember bekas, kaleng bekas atau pada pot di rumah Anda. Sebaiknya jika ada barang bekas kubur di dalam tanah agar tidak bisa menampung air. Jangan lupa pastikan lingkungan sekitar selalu bersih agar tidak menjadi sarang nyamuk juga.

Jika di dalam rumah terdapat wadah penampungan air, maka tutuplah wadah tersebut untuk mencegah sumber penyakit ini. Intinya jangan biarkan ada air di sebuah wadah yang tidak bisa mengalir. Karena nyamuk tersebut senang berada di tempat yang lembap. Para orang tua juga bisa mengoleskan lotion anti nyamuk yang tentunya aman untuk anak-anak.

Mencuci Tangan Dengan Sabun

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh anak paling dasar yang bisa orang tua ajarkan ialah kebiasaan mencuci tangan. Kebiasaan ini harus rutin dilakukan agar tidak ada kuman atau bakteri bersarang di tangan. Pastikan tangan anak selalu dalam keadaan bersih, bukan berarti dirinya tidak boleh bermain di luar rumah. Biarkan anak tetap beraktivitas dan mengeksplor banyak hal. Orang tua hanya perlu memastikan semuanya dalam keadaan baik-baik saja.

Pada saat selesai bermain, ajak kembali anak Anda untuk mencuci tangannya sebelum melajutkan aktivitas yang lain. Kegiatan mencuci tangan harus dibiasakan terutama saat sebelum makan dan juga sebelum tidur. Walaupun terdengar sepele, namun ini dapat membantu tubuh anak terhindar dari beragam kuman penyakit.

Memberikan Asupan Nutrisi yang tepat

Cara menjaga kesehatan tubuh anak saat musim hujan bisa dengan menjaga asupan nutrisi yang dikonsumsi anak. Pastikan gizi makanan yang diberikan mencukupi dan dapat memperkuat daya tahan tubuh anak. Dengan begitu hal tersebut dapat membantu daya tahan tubuh anak agar tidak terkena berbagai penyakit. Berikan anak sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin serta mineral yang dapat melindungi anak-anak dari berbagai penyakit.

Selain itu pastikan anak mengkonsumsi makan yang mengandung antioksidan yang tinggi, seperti brokoli, jeruk, pepaya dan jambu biji. Antioksidan banyak ditemukan pada vitamin C dan vitamin E yang mampu menangkal radikal bebas. Dengan begitu berbagai penyakit bisa di lawan di dalam tubuh sang anak. Namun jangan sampai berlebihan agar tidak berakibat diare pada anak.

Selain sayuran dan buah-buahan, berikan pula makanan bergizi lainnya. Cara menjaga kesehatan tubuh anak ini selain dapat membantu pertumbuhan anak, kekebalan anak juga akan terjaga jika makanannya juga teratur sejak kecil. Banyak penyakit yang bisa ditimbulkan akibat makanan yang salah. Pastikan apa yang di konsumsi anak benar-benar bersih.

Menyeimbangkan Kebutuhan Tubuh dengan Multivitamin

Cara menjaga kesehatan tubuh anak berikutnya ialah dengan memberinya multivitamin. Pada umumnya multivitamin dapat menyeimbangkan kebutuhan tubuh si Kecil. Multivitamin tersebut secara efektif dapat membantu menjaga kondisi tubuh saat musim hujan. Dengan mengonsumsi multivitamin secara rutin dalam dosis yang seimbang maka dapat membantu sistem kekebalan tubuh. Hal ini cukup efektif untuk menerapkan cara menjaga kesehatan tubuh anak Anda.

Saat ini sudah banyak multivitamin bagi anak dalam bentuk tablet kunyah, permen, maupun sirup. Tak lupa ditambahkan pula rasa yang disukai anak-anak seperti rasa buah, rasa coklat dan lain lain. Multivitamin dapat melindungi daya tahan tubuh anak dari serangan virus terutama saat musim hujan. Karena penyakit tidak hanya disebabkan saat kedinginan karena hujan, namun bisa juga karena virus yang bertebaran karena keadaannya cukup lembap.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan tubuh anak yang cukup efektif saat musim hujan. Jika tubuh anak sehat, maka pertumbuhannya pun tidak akan terhambat. Hal yang terpenting bagi orang tua ialah memastikan anaknya tumbuh dengan sehat dan cerdas. Anak yang sakit memang cukup wajar. Namun selama masih bisa di cegah maka lakukanlah. Apalagi bagi setiap orang tua jika anaknya sakit, maka orang tuanya pasti sangat gelisah bahkan ingin dirinya saja yang sakit bukan anaknya. Jadi cegahlah sebelum mengobati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel