Hati-Hati! Ini Dia Jenis Vapor yang Mudah Meledak



Lukmanstream.Com - Vapor atau yang lebih dikenal dengan vape adalah rokok elektrik yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Dianggap lebih sehat dari rokok biasa, beberapa kasus meledaknya vape dengan cepat menjadi bahasan. Nah, berikut ini sedikit ulasan mengenai berbagai jenis vapor yang bisa meledak dan perlu Anda perhatikan.

Mechanical Mod, Jenis Vapor Milik Profesional

Jenis vapor yang mudah meledak kebanyakan adalah mechanical mod atau mecha. Jenis vape yang satu ini memang memang sedikit rumit dari segi perawatan dan penggunaannya. Berbeda dengan jenis electric yang memiliki layar pemantau suhu, mechanical mod hanya berupa tabung biasa tanpa layar apapun. Dari segi harga, jenis mod ini memang lebih murah jika dibandingkan dengan electric, tapi Anda harus bisa mengukur dengan tepat kepanasan suhu yang dihasilkan sehingga vape tidak meledak.

Cara penggunaannya yang memerlukan keahlian khusus ini menjadikan mechanical mod tidak cocok untuk pemula. Salah-salah vape yang Anda gunakan bisa meledak di dalam mulut dan menyebabkan cedera yang cukup serius. Meski tahan lama dan lebih ekonomis, penggunaan mod yang satu ini tidak disarankan bagi Anda yang baru ingin mencoba menghisap vape.

Bagi Anda yang masih pemula, menggunakan electronic mod dengan layar yang menunjukkan tingkat suhu dan baterai akan lebih aman. Anda juga bisa mengatur voltase dan watt agar sesuai dengan kebutuhan. Cara merawat vape dengan electronic mod ini juga lebih mudah dan praktis. Jenis vapor yang mudah meledak biasanya disebabkan perawatan yang kurang baik.

Beberapa Penyebab Meledaknya Vapor

Tidak hanya jenisnya, ada beberapa penyebab lain yang berpotensi menyebabkan vapor Anda meledak. Antara lain, kurangnya pengetahuan yang mumpuni tentang cara penggunaan dan perawatan vapor, penggunaan spare part yang tidak sesuai hingga penggunaan yang tidak tepat. Membaca buku panduan yang terdapat pada kemasan vapor bisa membantu Anda agar terhindar dari kejadian ini.

Jenis vapor yang mudah meledak tidak hanya disebabkan oleh kesalahan manusia atau human error tapi juga dari komponen vapor yang tidak sesuai dengan aplikatornya. Anda disarankan untuk membeli berbagai perlengkapan vapor di toko resmi dan sesuai dengan spesifikasi vapor yang Anda miliki.

Tips agar Vapor Tidak Mudah Meledak

Selain beberapa hal di atas, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan untuk mencegah vapor meledak. Pertama, Anda harus paham betul cara penggunaan dan perawatan vapor yang benar. Hal ini akan berpengaruh pada cara kerja dan efek yang ditimbulkan rokok elektrik ini. Penggunaan yang benar akan mengurangi risiko meledak atau terbakar.

Kedua, hindari melakukan charging terlalu lama. Sama seperti gadget lainnya, kondisi baterai vapor juga harus Anda perhatikan. Over charging dapat menyebabkan kerusakan pada baterai dan berpotensi dapat meledak sewaktu-waktu. Lakukan proses charging secukupnya dan segera cabut charger saat sudah terisi penuh. Jenis vapor yang mudah meledak seringkali diakibatkan baterai yang rusak dan terbakar.
Baca Juga :


Ketiga, gunakan baterai dan setting yang sesuai. Ada beberapa vaper yang memodifikasi setting vape-nya agar bisa menghasilkan asap lebih banyak. Mengubah setting tanpa pengetahuan yang memadai dapat menyebabkan vapor Anda meledak. Penggunaan baterai yang tepat juga akan mencegah meledaknya vapor.

Terakhir, jangan pernah menggunakan vapor saat sedang dilakukan pengisian baterai. Penggunaan vapor dalam keadaan sedang di-charge sangat berisiko menyebabkan vape yang Anda gunakan meledak. Jenis vapor yang mudah meledak ini bisa terjadi pada vapor dengan electrical mod maupun mechanical mod.

Itulah beberapa jenis vapor yang mudah meledak beserta penyebab dan tips menghindarinya. Sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan dan merawat vapor sesuai dengan ketentuan dan tidak melakukan percobaan yang akan membahayakan diri Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel